Sabtu, 11 Februari 2017

Penyebab Komplikasi Luka Diabetes



Penyebab Komplikasi Luka Diabetes,- Diabetes bisa menyebabkan luka ganggren yang terjadi karena tidak seimbangnya jumlah bakteri aerob dan bakteri anaerob. Ini karena terdapatnya glukosa dalam darah. Ketidakseimbangan jumlah ini membuat luka diabetes muncul dan susah sembuh. Ganggren sendiri merupakan luka yang sudah busuk dan melebar. Biasanya warna ganggren ini kehitaman, dan timbul akibat jaringan yang mati juga bakteri yang busuk. Jenis ganggren yang biasa terjadi adalah ganggren basah dan akan menimbulkan bau. Karena ganggren basah ini menghasilkan nanah. 

Komplikasi ini disebabkan karena neuropathy dan angiopathy karena komplikasi lainnya. Pada awalnya penderita ini hanya mendapatkan luka kecil yang ringan. Tetapi tanpa disadari luka itu semakin melebar dan membesar lamakelamaan bisa menggerogoti otot dan tulang. Tidka perlu terlihat dari luar, kaki bisa digerogoti oleh bakteri bakteri. Pada tahap ini, penyembuhan dan pencegahan adalah mengamputasi kaki yang terkena komplikasi luka tersebut. Tubuh diabetes ini sangatlah sensitif, rentan terjadi gangguan vascular atau peredaran darah dan gangguan neuropati atau saraf yang dibarengi dengan infeksi di salah satu faktor yang menyebabkan luka ini bertambah parah. Penyembuhan pun akan lebih sulit di lakukan.

Penyebab Lain Timbulnya Luka Ganggren :

  • Kurang adanya pasokan darah. Darah yang menyediakan oksigen, nutrisi untuk memberi makan sel anda. Komponen kekebalan tubuh antibodi untuk menangkal infeksi. Suplai darah yang tidak tepat membuat sel tidak dapat bertahan hidup dan jaringan akan mati.
  • Infeksi. Bakteri pun bisa menimbulkan infeksi dan menyebabkan jaringan tubuh mati lalu ganggren pun muncul.


Merawat luka ganggren sangatlah sulit dan harus sangat berhati-hati. Perhatikan kondisinya apakah kotor atau tidak, pastikan luka dalam keadaan bersih sehingga bisa dirawat. Gunakan antiseptik dan kassa steril. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar