Kamis, 09 Februari 2017

Darah Tinggi

Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi medis yang juga dikenal dengan sebutan hipertensi. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya nomor ke-2 setelah penyakit jantung. Di Indonesia sendiri diketahui ada sekitar 900 juta jiwa yang memiliki penyakit darah tinggi dan 90% diantaranya, menyerang mereka yang berusia 40 tahun keatas.

Tekanan darah sendiri merupakan jumlah kekuatan yang setiap orang miliki, untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh dan membuat seseorang hidup. Namun tekanan darah yang tinggi dapat menjadi masalah besar, karena dapat menyebabkan berbagai masalah serius seperti penyakit jantung, stroke, kebutaan dan alzheimer. Banyak sekali orang yang tidak mengetahui ketika ia terdiagnosa memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena penyakit ini sering muncul tanpa gejala. Maka tak heran apabila para ahli medis menyebutnya dengan silent killer alias pembunuh yang bekerja secara diam-diam.

Faktor Penyebab Penyakit Darah Tinggi

 Darah tinggi bukan hanya ditimbulkan oleh kebiasaan makan yang senang dengan rasa gurih, asin, dll. Namun ia juga dapat timbul akibat hal yang lain. Berikut adalah informasi lengkap mengenai penyebab darah tinggi beserta golongannya :

  1. Tekanan Darah tinggi primer. Ini merupakan suatu kondisi yang tidak diketahui sebabnya dan dapat memakan waktu selama bertahun-tahun sampai hal ini terjadi. Para peneliti mengatakan bahwa ini bisa saja terjadi akibat gaya hidup yang buruk, faktor lingkungan dan faktor usia anda.
  2. Tekanan Darah tinggi Sekunder. Ini merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh sejumlah penyakit yang berhubungan dengan ginjal. Seperti yangtelah kita ketahui, ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan garam dan air dalam tubuh. Jika ginjal kehilangan fungsi, maka organ tersebut tidak dapat membersihkan garam dan air dalam tubuh, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Infeksi yang terjadi pada ginjal atau stenosis ginjal juga dapat menjadi utama mengapa seseorang mengalami penyakit tekanan darah tinggi.
Selain itu, kami juga akan membagikan informasi penting mengenai beberaoa faktor resiko yang menyebabkan anda terserang penyakit tekanan darah tinggi.

  • Sering konsumsi makanan tinggi garam dan lemak
  • Memiliki penyakit diabetes dan kolesterol tinggi
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Pertambahan usia
  • Kegemukan atau obesitas
  • Efek samping obat KB
  • Sering merokok atau terlalu banyak minum alkohol
Satu-satunya cara untuk mengatasi penyakit ini ialah dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat dan selalu melakukan cek rutin dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar