Selasa, 26 September 2017

Mengenal Penyakit TBC



Apa Tuberkulosis? - TBC, umumnya dikenal sebagai TB, adalah infeksi bakteri yang dapat menyebar melalui kelenjar getah bening dan aliran darah ke organ dalam tubuh Anda. TB yang paling sering ditemukan di paru-paru, tetapi juga dapat menyerang setiap bagian dari tubuh, termasuk kelenjar, tulang dan sistem saraf.

Bagi mereka yang terkena TB tidak pernah mengembangkan gejala karena bakteri dapat hidup dalam bentuk tidak aktif di dalam tubuh. Tetapi jika sistem kekebalan tubuh melemah, seperti pada orang dengan HIV atau orang dewasa tua, bakteri TB dapat menjadi aktif. Dalam keadaan aktif mereka, bakteri TB menyebabkan kematian jaringan dalam organ mereka menginfeksi. Penyakit TB aktif dapat berakibat fatal jika tidak ditangani.

Apa adalah beberapa tanda dan gejala TBC?

TB biasanya berkembang secara perlahan. Dalam beberapa kasus infeksi tidak menyebabkan gejala, yang dikenal sebagai Laten TB. Ini disebut TB aktif jika Anda memiliki gejala.

TB laten . Dalam kondisi ini, Anda memiliki infeksi TB, tetapi bakteri tetap berada di tubuh Anda dalam keadaan tidak aktif dan tidak menimbulkan gejala. TB laten, juga disebut TB aktif atau infeksi TB, tidak menular. Hal ini dapat berubah menjadi TB aktif, sehingga pengobatan penting bagi orang dengan TB laten dan untuk membantu mengendalikan penyebaran TB. Diperkirakan 2 miliar orang memiliki TB laten.
TB aktif . Kondisi ini membuat Anda sakit dan dapat menyebar ke orang lain. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa minggu pertama setelah infeksi dengan bakteri TB, atau mungkin terjadi tahun kemudian.

Tanda dan gejala TB aktif meliputi:

  • Batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih;
  • Batuk darah;
  • nyeri dada, atau sakit dengan bernapas atau batuk;
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan;
  • Kelelahan;
  • Demam;
  • keringat malam;
  • Panas dingin;
  • Kehilangan selera makan.

Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda berpikir Anda telah terkena seseorang dengan penyakit TBC, Anda dianjurkan untuk menghubungi dokter atau departemen kesehatan setempat untuk melakukan tes kulit TB atau tes darah TB khusus. Jangan lupa untuk memberitahu dokter Anda tahu kapan Anda menghubungi dengan orang yang memiliki penyakit TBC.

Ketika saya harus mencari perawatan medis?

Anda harus menghubungi dokter Anda jika Anda mengalami demam, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, keringat malam membasahi atau batuk terus-menerus. Ini sering tanda-tanda TB, tetapi mereka juga dapat hasil dari masalah medis lainnya. Dokter Anda dapat melakukan tes untuk membantu menentukan penyebabnya.

Bagaimana saya harus menghindari?

Untuk mencegah TB, Anda harus:

  • Gunakan vaksinasi.

Di negara-negara di mana TBC lebih umum, bayi sering divaksinasi dengan basil Calmette-Guerin (BCG) karena dapat mencegah tuberkulosis berat pada anak.

Namun, vaksin BCG tidak dianjurkan untuk penggunaan umum di Amerika Serikat karena tidak sangat efektif pada orang dewasa dan risiko mendapatkan TB rendah di Puluhan AS vaksin TB baru dalam berbagai tahap pengembangan dan pengujian.

TIDAK menghabiskan waktu yang lama di pengap, kamar tertutup dengan siapa saja yang memiliki TB aktif sampai orang yang telah dirawat selama minimal 2 minggu.
Gunakan langkah-langkah perlindungan, seperti masker wajah, jika Anda bekerja di sebuah fasilitas yang peduli untuk orang yang memiliki TB yang tidak diobati.
Membantu dan mendorong orang untuk mengikuti petunjuk perawatan jika Anda tinggal dengan seseorang yang memiliki TB aktif.
Jika Anda memiliki TB aktif, menjaga kuman Anda untuk diri sendiri. Hal ini biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu pengobatan dengan obat TB sebelum Anda tidak menular lagi. Ikuti tips ini untuk membantu menjaga teman dan keluarga dari sakit:

Ikuti seluruh kursus Anda obat : ini adalah yang paling penting karena jika Anda berhenti pengobatan dini atau melewatkan dosis, bakteri TB memiliki kesempatan untuk mengembangkan mutasi yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup obat TB yang paling ampuh. Strain yang resistan terhadap obat yang dihasilkan jauh lebih mematikan dan sulit untuk mengobati.
Tinggal di rumah . Jangan pergi bekerja atau sekolah atau tidur di kamar dengan orang lain selama beberapa minggu pertama pengobatan untuk TB aktif.
Ventilasi ruangan . Kuman TBC menyebar lebih mudah dalam ruang tertutup kecil di mana udara tidak bergerak. Jika tidak terlalu dingin di luar ruangan, membuka jendela dan menggunakan kipas angin untuk meniup udara dalam ruangan luar.
Menutup mulut Anda . Gunakan tisu untuk menutupi mulut Anda kapan saja Anda tertawa, bersin atau batuk. Menempatkan jaringan kotor dalam tas, segel itu dan membuangnya.
Memakai masker . Mengenakan masker bedah ketika Anda di sekitar orang lain selama tiga minggu pertama pengobatan dapat membantu mengurangi risiko penularan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar