Minggu, 26 Februari 2017

Masalah Penyakit Tukak Lambung


Masalah Penyakit Tukak Lambung,- Penyakit Tukak lambung merupakan luka yang bisa muncul pada dinding lambung karena terkikisnya lapisan di dinding lambung. Luka ini bisa berpotensi muncul di dinding bagian pertama usus kecil dan kerongkongan. Penyakit ini pun bisa menyerang segala usia, meski begitu lansia umur 60 tahun memiliki resiko tinggi untuk terkena masalah ini. 

Sumber link : Obat Asam Lambung

Gejala dari tukak lambung sendiri adalah ;

Nyeri perih pada perut, rasa sakit tersebut muncul karena asam lambung bisa membahasi luka. Gejala ini merupakan gejala nyeri yang :

  • Menyebar ke leher lalu pusar hingga punggung
  • Muncul di malam hari
  • Terasa semakin parah sakitnya saat perut kosong
  • Berkurang saat makan atau mengkonsumsi obat penurun asam lambung
  • Hilang dan kambuh beberapa hari atau beberapa minggu kemudian
  • Nyeri di ulu hati
  • Tidak adanya nafsu makan
  • Mengalami mual 
  • Gangguan pencernaan


Jika gejala gejala tersebut sudah terasa, segera hubungi dokter. Terkadang kondisi ini tidak akan menimbulkan gejala hingga akhirnya terjadi komplikasi. Oleh karena itu, waspada dan segeralah ke rumah sakit agar mendapat penanganan darurat.

Penyebab Tukak Lambung

Dinding lambung biasanya dilapisi selaput yang melindungi dari asam lambung tinggi. Peningkatan kadar asam lambung inilah atau penipisan selaput pelindung lambung bisa memicu timbulnya tukak lambung. Penyebab mengapa perlindungan dinding lambung tidak terkendali karena adanya infeksi dari bakteri Helicobacter pylori dan penggunaan obat anti inflamasi non-steroid. Ibuprofen, asipirn dan diclofenac merupakan beberapa cotoh obat anti inflamasi yang digunakan.

Infeksi ini umumnya tidak disadari oleh penderitanya. Selain karena bakteri dan obat, merokok dan juga mengkonsumsi minuman keras bisa meningkatkan resiko tukak lambung. Rokok bisa meningkatkan resiko lebih besar. Selain itu alkohol bisa menipiskan selaput dinding lambung dan meningkatkan kadar asam lambung.
Banyak yang bilang jika mengkonsumsi makanan pedas atau kondisi stress bisa menjadi penyebab tukak lambung, anggapan ini tidak lah benar. Yang benar adalah makanan dan stress bisa memperparah gejalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar