Kamis, 23 Februari 2017

Inilah Cara Kerja Ginjal Dalam Tubuh Kita


Inilah Cara Kerja Ginjal Dalam Tubuh Kita,-Ginjal adalah bagian dari sistem ekskresi di tubuh manusia. Organ ini peranannya sangat besar untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia. Ginjal ini terdiri dari sepasang, yaitu kiri dan kanan. Beratnya sekitar 150 gram, dan ginjal tersusun oleh jutaan nefron atau yang biasa kita kenal sebagai penyaring kecil yang ada di dalam ginjal.

Ginjal menyaring darah dari sisa metabolisme

Ginjal fungsi utamanya adalah sebagai penyaring darah, darah ini sisa dari proses sebelumnya, yaitu proses metabolisme. Cara kerja ginjal dimulai dari darah yang merupakan sisa dari proses metabolisme yang masuk dalam ginjal dan masuk ke pembuluh darah nadi, lalu darah mengalir dan diproses melalui nefron atau yang biasa disebut sebagai penyaring kecil ginjal. Setelah sampai di bowman, nefron lah yang menyaring darah tersebut lalu menjadi urin sebagai bentuk dari sisa eksresi manusia.


Zat dalam darah yang tidak bisa disaring oleh ginjal

Tidak semua zat bisa disaring oleh ginjal, cara kerja ginjal memanglah hanya singkat bagaimana darah masuk ke ginjal lalu ginjal bekerja untuk menyaring darah tersebut tetapi kita juga perlu ingat dan tahu pasti bahwa tidak semuazat bisa disaring oleh ginjal dengan lancar. Ada beberapa jenis makanan yang bisa merusak ginjal.

Makanan Yang Menyebabkan Ginjal Rusak

Untuk menjaga kesehatan ginjal caranya sangatlah simple, hanya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras.

Inilah daftar makanan perusak ginjal :

  • Makanan yang banyak mengandung pewarna
  • Terlalu banyak mengkonsumsi soda yang mengakibatkan kalsium tulang terkikis dan hasil pengikisan tersebut tulang mengendap dalam ginjal, jika sudah terlalu lama bisa menyebabkan ginjal mampet dan fungsi ginjal menurun.
  • Kafein yang terlalu banyak, oleh karena itu hindari kopi mengandung kafein
  • Makanan yang mengandung banyak gula
  • Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia.


Zat yang tidak bisa tersaring baik oleh ginjal sebaiknya jangan dikonsumsi. Banyak hal yang akan terjadi jika ginjal tidak dijaga kesehtannya, ada beberapa penyebab terjadinya penyakit ginjal, yaitu batu ginjal, ginjal mengecil/mengekerut dll. Jika sudah mengalami seperti itu akan sangat sulit mengembalikan fungsi ginjal seperti semula. Oleh karena itu jagalah kesehatan ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar