4 Jenis Miom Yang Dibedakan Berdasarkan Lokasi Tumbuhnya Miom



Miom adalah tumbuhnya sel tumor di dalam atau di sekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat kanker atau ganas. Miom dikenal pula dengan nama mioma, uteri fibroid, atau leiomioma. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan ini akhirnya membentuk tumor jinak.

Miom pasti pernah dimiliki oleh wanita dalam hidup mereka, kondisi ini juga terkadnag tidak menyebabkan munculnya gejala. 

Miom pun berbeda beda dan bervariasi, ada yang sekecil biji dan adapula yang berukuran besar hingga mengakibatkan rahim menjadi membesar. Dalam satu periode, miom yang muncul memang hanya satu, tetapi bisa muncul beberapa secara sekaligus.

Jenis Miom Yang Dibedakan Berdasarkan Lokasi Tumbuhnya Miom Adalah :

Fibroid Intramural. Miom ini tumbuh diantara jaringan otot rahim. Lokasi ini adalah tempat yang umum terbentuknya miom.

Fibroid Subserous. Miom ini tumbuh dibagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. Jenis ini bisa tumbuh dan menjadi sangat besar.

Fibroid Submucous. Miom ini tumbuh di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim. Jika tumbuh, miom ini bisa menyebabkan pendarahan parah saat menstruasi dan komplikasi lainnya.

Fibroid pedunculated. Miom jenis ini tumbuh di batang kecil di dalam atau di luar rahim.

Sampai saat ini penyebab miom belum diketahui secara pasti, tetapi kemunculan kondisi ini bisa dikaitkan dengan hromon estrogen (hormon yang dihasilkan oleh ovarium). Miom ini biasa pula muncul pada usia sekitar 16-50 tahun, saat kadar estrogen dalam diri wanita sedang tinggi-tingginya. Miom yang dibiarkan begitu saja bisa berdampak tidak baik nantinya. Segera atasi miom, lakukan dan pilih pengobatan miom yang tepat.


0 Response to "4 Jenis Miom Yang Dibedakan Berdasarkan Lokasi Tumbuhnya Miom"

Posting Komentar